Menurut Peraturan Menteri PANRB No. 30 Tahun 2014, inovasi pelayanan publik adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Kecamatan Tlanakan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pamekasan yang menggalakkan pencetusan dan penggunaan inovasi pelayanan publik. Ada beberapa inovasi pelayanan publik yang dihasilkan oleh Kecamatan Tlanakan
No | Nama Inovasi | Uraian | Buku Pedoman Penggunaan | Link Youtube |
1 | Halo Tlanakan | Inovasi “Halo Tlanakan” yaitu penggunaan whatsappbot pada penyampaian informasi administrasi pelayanan terpadu kecamatan Tlanakan. Dalam layanan ini, kebutuhan informasi oleh masyarakat disediakan secara otomatis oleh mesin penjawab WA otomatis. | ![]() | https://www.youtube.com/watch?v=EM4XepXEKRo |
2 | Si Pelana | Inovasi “Si Pelana” yaitu sistem informasi pencatatan layanan kecamatan Tlanakan. Dengan layanan ini, maka kami mengalihkan pencatatan layanan secara manual menjadi digital. | ![]() | https://www.youtube.com/watch?v=U_E-veCbRFI |